Atasi Virus di PC Anda Dengan Tangan Kosong

Sejauh ini virus computer memang sangat mengganggu jika kita sedang mengerjakan tugas dengan bantuan computer dan tiba – tiba terserang virus

Beberapa tips mencegah atau mempersulit virus menyerang komputer kita tanpa menggunakan anti virus antara lain:

1. Mengganti icon yg biasa

Beberapa jenis worm/virus menggunakan tipuan dg cara menyamar sbg file word (*.doc) atau folder. Virus jenis ini memanfaatkan kelengahan

si pengguna komputer. Jadi ketika si pengguna men-double click maka menyebarlah virus ini. Atau terkadang menggunakan icon installer software, gambar (*.jpg), teks (*.txt), atau yang lainnya.

Dari tipuan diatas kita bisa melakukan langkah preventif dg cara mengganti gambar icon kita dari yg biasa. Caranya:Masuklah Explorer-Tools-Folder Option-File Types-cari yg akan diganti (contoh *.doc)-klik advanced-change icon…-pilih salah satu (atau browse utk mencari yg lain)-OK.

Ulangi langkah2 di atas utk beberapa tipe file yg sering dipakai ‘topeng’

2. Virus/worm tanpa msvbvm60.dll seperti motor tanpa bensin

Fakta: 85% virus indonesia dan 65% virus asing menggunakan bahasa pemrograman visual Basic (VB). Dan aplikasi VB butuh module bernama msvbvm60.dll yg terletak di direktori C:\WINDOWS\system32\. Dari fenomena diatas hal yg bisa kita lakukan adalah me-rename file msvbvm60.dll atau menyembunyikannya. Cara cepatnya:

Buat file dg notepad ketik ren C:\windows\system32\msvbvm60.dll 60.dll save dengan nama vbren.bat, simpan di direktori C:\windows\

Buat satu file lagi dg notepad ketik ren C:\windows\system32\60.dll msvbvm60.dll save dg nama vbfix.bat, simpan juga di C:\windows\

vbren utk me-rename dan vbfix utk mengembalikan spt semula jika sewaktu-waktu kita butuh file ini utk menjalankan aplikasi VB.

Cara eksekusi vbren.bat (merename) adl: start-run-ketik vbren-enter

Cara eksekusi vbfix.bat (mengembalikan) adl: start-run-ketik vbfix-enter

Jadi jika ada virus berbasis VB mencoba ‘gentayangan’ di komputer anda akan muncul dialog box seperti ini:
3. Mematikan fungsi autorun

Beberapa jenis virus/worm akhir2 ini menggunakan fasilitas autorun dg memanfaatkan file autorun.inf atau folder.htt yg biasanya di-hidden.

Sehingga ketika flash disk USB anda baru menancap di komputer otomatis si virus langsung jalan. Ngeri…., tapi tenang…, kita juga punya trik. Caranya adalah dengan mematikan fungsi autorun.

* Start-run-ketik gpedit.msc
* Buka Computer Configuration-Administrative Templates-System
* Di bagian kanan cari Turn off Autoplay, pilih enable, pilih All drives
* Setelah itu User Configuration-Administratiive Templates-System
* Turn off Autoplay, pilih enable, pilih All drives

4. Berhati-hati

Itu mungkin tip terakhir yg bisa digunakan, kenapa? Tiap hari para virus/worm writer makin kreatif, mereka akan selalu berpikir bagaimana agar bisa menginfeksi anda. Misal: virus/worm membawa database msvbvm60.dll yg akan dipakai sebagai cadangan jika user sdh memanipulasi file msvbvm60.dll(tips #2) sekaligus dia akan menggandakan file msvbvm60.dll dg nama yg acak pada tiap folder dg attribut super hidden. Wah ini berarti. Dan permisalan yg lainnya. Intinya kita harus berhati-hati: ‘watch your step’.

0 komentar:

Posting Komentar